Video Nolantv Terbaru Live January 29, 2023 1:34 am

loading…

Gulkarmat Jakarta menyebutkan kasus kebakaran di wilayah mayoritas karena korsleting listrik Dan Juga tabung gas bocor. Foto/Ilustrasi

JAKARTA – Dinas Penanggulangan Kebakaran Dan Juga Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta mengklaim kasus kebakaran yg kerap terjadi di wilayahnya kebanyakan pemicunya korsleting listrik. Selain arus pendek, gas bocor sampai meledak menjadi penyebab lainnya.

Kepala Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan meminta masyarakat untuk mengecek secara berkala instalasi listrik sampai menggunakan peralatan Standar Nasional Indonesia (SNI). Diketahui kebakaran di Ibu Kota kerap dipicu Karena korsleting listrik.

Baca juga: Disgulkarmat Catat 129 Kejadian Kebakaran di Jakarta Sepanjang Januari 2023

”Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat tolong cek kembali instalasi peralatan listrik di rumah atau di bangunan yg ada, kemudian pastikan peralatan yg dipakai itu memang memiliki standar SNI,” kata Satriadi, Hari Sabtu (28/1/2023).

”Dari segi kegunaan listrik jangan sampai cuma satu colokan nanti dipakai beberapa cabang itu kan menimbulkan korsleting kan tarolah satu rumah terdapat tujuh orang terdapat tujuh hape dicolok semua kemudian ditinggal tidur itu juga punya potensi,” tambahnya.

Tak cuma Karena korsleting listrik, kebakaran juga terkadang dipicu meledaknya tabung gas. Satriadi mengimbau masyarakat untuk mengecek kompor gas Dan Juga peralatan lainnya juga sering dibersihkan termasuk regulator.

”Yang tidak kalah penting cek kembali kompor gas, peralatan masak sering sering dibersihkan supaya tidak terjadi kebakaran,” ujarnya. Baca juga: Deretan Kasus Kebakaran Lapas di Indonesia

Lebih lanjut, Satriadi mengajak masyarakat untuk segera melaporkan ke layanan call center 112 jika terjadi musibah kebakaran. Ia memastikan layanan yg diberikan pemadam kebakaran gratis tanpa dipungut biaya.

”Kalau terdapat kebakaran segera lapor jangan sungkan sungkan untuk menghubungi 112 call center yg telah disiapkan dari Pemprov DKI. Saya pastikan gratis saya yakin gratis saya haramkan mereka untuk menerima sesuatu berasal dari masyarakat,” tuturnya.

Berdasarkan data kejadian kebakaran yg terjadi diberbagai tempat masih didominasi Karena korsleting listrik disusul tabung gas. Rinciannya, penyebab korsleting listrik 91 kejadian Dan Juga tabung gas 17 kejadian.

Sedangkan tahun 2023 Karena korsleting listrik 79 kejadian Dan Juga tabung gas 20 kejadian. Kasus kebakaran terakhir yaitu gudang agen gas elpiji meledak hebat di Duren Sawit, Jakarta Timur Dan Juga kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

(ams)

Sumber Referensi & Artikel : Berbagai Sumber
Saksikan video selengkapnya :

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *